Nikmatnya Roti Kentang Poles Srikaya

Chef Linda, Dapur Ulat Bulu, Roti Kentang Poles Srikaya
Dapur Ulat Bulu - Disini gue mencoba berbagi dalam proses pembuatan roti kentang yang di olesin dengan selai srikaya, seperti kita tahu Srikaya (Annona squamosa L.) merupakan tanaman buah yang memiliki banyak khasiat dan sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya. Kalau di tempat kalian ada buah srikaya ini disebut apa?

Pembuatan Roti Kentang Poles Srikaya terbagi 2 tahap, yaitu:

Okay, yuk kita mulai,

Tahap Pertama:
Pembuatan Roti Kentang.
Pertama nih ya siapin terlebih dahulu  400 gram terigu cakra (protein tinggi), 4 butir kuning telur, 100 gram terigu protein sedang, 1bungkus fermipan (ragi instant), 125 gram gula pasir, 1 sachet kecil susu bubuk, 1/2 sdt vanili, 1 buah kentang ukuran sedang (kukus & haluskan), 200 ml air es/dingin, 125 gram mentega.

Roti Kentang Poles Srikaya

kedua,  Selanjutnya terigu, susu bubuk, fermipan kita campur jadi satu dulu, baru masukin air es sedikit demi sedikit & masukan mentega, kentang yang sudah di haluskan,gula pasir, vanili, kuning telur...aduk rata & uleni sampai kalis tidak lengket di tangan ( seperti tampak pada foto di bawah ini), di banting"  ya sista rotinya biar adonannya lebih bagus.

Roti Kentang Poles Srikaya

Setelah itu adonan tadi kita tutup rapat pakai kain ya guys, tunggu  sampai 1 jam an biar mengembang bagus..nah jadinya ngembang seperti foto di bawah ini.

Roti Kentang Poles Srikaya

Setelah mengembang seperti foto di atas kita kempesin lagi & bentuk bulat" kecil, sesuai kemauan sista, kemudian kita biarkan memgembang lagi kira" setengah jam sampai sejam.

Roti Kentang Poles Srikaya

Roti Kentang Poles Srikaya

Akhirnya ... mengembang dengan bagus roti kita sist, sebelum kita panggang kita poles dengan kuning telur yang dicampur dengan susu cair sedikit biar wangi nanti.

Roti Kentang Poles Srikaya

Wawww, liat sist...menggiurkan bukan roti hasil oven ku....

Roti Kentang Poles Srikaya

Uhmm ini kan roti polos ya...yuk kita bikin selai srikaya biar rotiku ini ada temannya ....hehe

Roti Kentang Poles Srikaya

Tahap Kedua:
Berikutnya adalah membuat selai srikaya bisa dilihat disini Pembuatan Selai Srikaya.

Finally ini hasilnya, Belah roti menjadi 2, kemudian poles srikaya di dlmnya seperti ini.

Roti Kentang Poles Srikaya

..makan yuk..nyam".

Roti Kentang Poles Srikaya

Silakan meninggalkan pesan dibawah jika kalian suka atau ada pertanyaan mengenai pembuatan Roti Kentang Poles Srikaya diatas. Thanks

No comments:

Post a Comment