Nikmatnya Makan Pete Tumis Ikan Asin

Pete, Tumis, Ikan Asin, Chef Linda, Dapur Ulat Bulu, Pete Tumis Ikan Asin
Dapur Ulat Bulu - Pohon pete tumbuh menahun, tingginya bisa meraih 20m serta kurang bercabang, daunnya majemuk, tersusun sejajar, bunga majemuk, tersusun serta bongkol ( khas mimosoide ) bunga pete umumnya nampak di dekat ujung ranting. buahnya besar, memanjang, betipe buah polong, dari satu bongkol bisa di dapatkan dampai belasan buah. didalam satu buah ada sampai 20 biji, yang berwarna hijau saat tetap muda serta terbalut oleh slaput agak tidak tipis berwarna cokelat terang. buah pete dapat jadi kering bila masak serta melepas biiji - bijinya.

Nah disini gue akan mencoba membuat pete dengan ikan asin yang di tumis. Di sini gue pakai ikan asin jambal roti,yuk kita siapin bahannya.

Pertama" ikan asin jambal rotinya kita potong" kotak kecil ya, trus kita rendam air panas bentaran biar tidak terlalu asin.Kemudian buang air rendamannya trus kita goreng dengan minyak panas sampai kecoklatan ikan asin yang sudah direndam. Dan jangan lupa petenya kita kupas terlebih dahulu ya buang kulitnya. Penampakannya seperti dibawah ini.

Ikan Asin, Pete

Kemudian, Ini bumbu yang telah di oseng dengan minyak dalam kuali, adapun bahan"nya terdiri dari kunyit 2 potong besar, bawang merah 5 biji & bawang putih 3 biji, kemiri 3 biji, cabe merah besar 2 buah, serai 1 batang di kepyak saja (semua bumbu ini bisa di pakai lebih dari takaran saya tidak masalah).

Ok sista, sekarang kita mulai untuk menumis petenya ya...pertama" masukkan bumbu yg sudah di oseng terlebih dahulu, baru kemudian masukan ikan asin yang sudah kita goreng tadi dan masukan air kira" segelas kecil biar ikan asin lebih cepat empuk,tambahkan sedikit air asam jawa juga, gula 1sdt, terakhir baru masukin pete yang sudah dikupas. PETE nya jangan di masak terlalu lama karena ada tekstur garing"nya lebih enak...

Pete Tumis Ikan Asin

 Dan ini Hasilnya setelah kita olah,

Pete Tumis Ikan Asin

Tre tree teng...jadi sudah sista, pete tumis ikan asin kita...uhmm uenaaakknyaaa ! Makan dengan seporsi nasi panas seakan lupa segalanya....hahaha.

 *hi guys ada yang nyeletuk begini, issh cakep" kok doyannya pete, nah jangan salah guys, pete itu bermanfaat lho...sekalian gue tambahin deh 18 manfaat makan pete untuk kesehatan. Silakan meninggalkan pesan dibawah jika kalian suka atau ada pertanyaan mengenai pembuatan Pete Tumis Ikan Asin diatas. Thanks.

No comments:

Post a Comment